Budget Backpack Bali 2 hari 1 malam

Setelah browsing,  tanya tanya ke teman bagaimana dan berapa budget ke bali akhirnya kita memutuskan berangkat tgl 10 -13 juli 2018. Sebelumnya kita ajukan libur di tgl tersebut supaya lancar agenda liburan kita.  Kita kerja di pusat perbelanjaan dan belum dapat cuti tahunan,  alhasil kita cuma bisa libur dua hari tgl 11 & 12 juli aja. Kita liburan cuma berdua.  Kenalan dulu yah,  nama ku Ririn dan teman backpack ku Fani.  Kita rekan kerja di kota Surabaya.

Perjalanan ke bali kita via darat dan laut. Hal pertama yg kita lakukan adalah booking tiket kereta jauh jauh hari,  karena tiket kereta ini rawan habis.  Kita pesan tiket kereta 1 bulan sebelum keberangkatan.  Dengan keberangkatan dari stasiun gubeng baru surabaya menuju stasiun paling ujung pulau jawa banyuwangi baru.  Kereta berangkat pukul 22.00 wib dan sampai di banyuwangi baru pukul 04.16 WIB.  Kita naik kereta mutiara timur dengan kelas bisnis 1. Karena tidak ada kereta ekonomi yang berangkat di jam yg kita inginkan. Kita pesan tiket PP by aplikasi online dengan total harga tiket Rp 215.000 per orang.

Sehari sebelum keberangkatan,  kita packing barang pribadi masing masing seperti baju ganti, alat mandi,  alat sholat,  alat make up, obat obatan, tongsis, hp,  charger,  power bank, dompet, air minum dan jajan. Semua terpacking dalam tas kapasitas 22 liter.  Jangan lupa bawa jaket ya.

Satu jam sebelum keberangkatan aq ke stasiun gubeng dengan ojek online bayar 10 K. Lalu print boarding pas sambil menunggu keberangkatan kereta.  Setengah jam sebelum jadwal keberangkatan kereta kita di perbolehkan masuk peron stasiun dengan menunjukkan tiket dan KTP atau kartu identitas yg lain.  Akhirnya tiba kereta kita, dan cari tempat duduk yg sesui dengan yg tertera di boarding pass. Perjalanan selama lebih dari 6 jam siap dimulai 😂. Selama di perjalanan kereta kita cuma tidur dan main hp aja.

IMG20180711041801 Stasiun banyuwangi baru

Akhirnya pukul 04.16 WIB kita sampai di stasiun banyuwangi baru.  Kita ke mushola stasiun buat sholat subuh. Setelah sholat kita mencari jalan ke pelabuhan penyebrangan ketapang dengan bantuan maps.  Mungkin jaraknya cuma 200 meter,  deket banget pokok.  Sebelum ke pelabuhan kita beli sarapan di warung sekitar stasiun dengan harga 10 K.  Di pelabuhan hati hati ya banyak calo yg nawarin ini itu.  Kalian ikuti aja tanda untuk pejalan kaki,  lalu akan sampai di loket pembelian tiket.  Sebelumnya kalian akan di suruh isi data manifes penumpang,  kemudian di serahkan ke petugas tiket dan membayar 6.5 K.  Pelabuhan buka selama 24 jam. Setelah memiliki tiket dan kartu penyebrangan, kita di persilahkan menunggu kapal,  nggak lama kok kapalnya.  Sebelum masuk kapal kita menyerahkan tiket dan kartu kita.  Oh iya kartu yg di kasih td fungsinya buat buka pintu otomatis. Nanti ada petugas yg membantu kok.

IMG20180711051453 Antri tiket

Akhirnya kita memasuki kapal feri,  klo di kapal terserah mo duduk dimana.  Karena anginnya kenceng banget dan aku suka mabuk laut jadi aq di dalam sambil tiduran, sementara si fani ada di lantai paling atas.  Pemandangannya yahut coy. .. Coz masih ada bekas bekas sun rise nya…. Kalian akan melakukan perjalanan kurang lebih selama 1 jam munuju pelabuhan gilimanuk.  Nikmati aja guys…n liatin jam di hp kalian ya,  bakal jadi aneh.. . Wkwkwk…  Pantengi terus pokok,  sering sering cek. .. Nanti juga tau.. . 😁

IMG20180711051911 Pelabuhan

Setelah sampai di pelabuhan gilimanuk,  kalian udah di sambut para calo  😭😭😭. Mending kalian diem aja dan macak budek klo ada calo biar nggak kena calo.  Ditanya apapun diem aja.  Klo mo tanya apa apa mending ke polisi atau petugas dsana.  Turun dr kapal ikutin petunjuk tanda keluar,  siapkan KTP ato identitas lainnya buat jaga jaga klo di periksa.  Keluar dr pelabuhan jalan lurus dikit trus tengok kiri,  kalian akan liat patung Dewa Siwa dan ada gerbang terminal gilimanuk.  Aq saranin kalian nggak usah masuk terminal deh,  repot klo kena calo bikin males,  kalian lurus aja ke arah pintu keluar bis.  Nunggu bis disitu.

Kita akan melakukan perjalanan ke terminal ubung denpasar dengan bis mini dr terminal gilimanuk.  Perjalanan paling cepet 3 jam,  tp klo macet ya bisa sampek 6 jam.. . Hahahah.  Tiket aq kmaren 50 K.  Aq gak tau harga aslinya,  aq ikhlasin kok soale kasian bapak sopirnya sepi gt kayak e terminal.  Selama perjalan ada pemandangannya kok,  hutan,  sawah,  pantai,  perumahan…  Lengkap lah. .. Dr sini aku tau klo kota kota di  bali sama aja kayak kota lain di indo…  😂. Di perjalanan kita di guyur hujan,  bapak kondektur bolak balik membetulkan atap bis yg di biarkan terbuka sebagian karena hujan kemudian reda,  beberapa saat hujan lagi.  Suasana di bus sama kayak bis lainnya yg panas dan sempit,  karena satu satunya sumber angin ada di jendela dan akan di tutup ketika hujan.

IMG20180711120920 Terminal ubung denpasar

Akhirnya kita sampai di terminal ubung denpasar,  terminal ini kecil di luar ekspektasiku,  kirain terminalnya akan segedhe terminal di surabaya  😂. Kita mau naik gojek menuju ke kuta bali.  Sebelum e kita keluar stasiun dulu buat pesen gojek.  Setelah jalan agak jauh kita pesen gojek menuju ke monumen bom bali, ongkosnya 20 K.  Kenapa menuju monumen bom bali karena penginapan yg kita booking check in nya jam 2 sore.  Akhirnya kita jalan jalan dulu di sepanjang jalan legian dan foto foto di monumen bom bali. Banyak souvenir shop,  baju,  makanan dan pub.  Klo siang pub nya belum buka,  ntar agak sorean 😂. Tp kita cuma berhenti di indomart dan beli frozz 6K. Monumen bom bali berdempetan sama indomart point. Karena kebodohan kita kita muter muter di jalan legian buat nyari monumen pdhal ada di sebelahnya 😩

IMG-20180712-WA0039 Monumen bom bali di jl legian

Udah jam dua akhirnya kita menuju penginapan yg udah kita pesan by aplikasi online di jalan beneyasa dengan harga 118 K untuk kamar double bed.  Jadi per orangnya kena 59 K.  Penginapan kita berjarak 10 menit dari jl legian dan 10 menit dari pantai kuta.

Sampai di penginapan,  kita langsung check in dan tidooorrr…  Capek euy… Ada kolam renang nya klo kalian mo berenang, pub sederhana yg jual minuman dan makanan.  Penginapan ini sesuai sama harganya lah.  Biasa aja.  Kalian juga bisa dapet penginapan yg lebih murah kok di sekitar sini.  Rajin brows aja.

Karena lapar,  akhirnya kita bergerak dr tempat tidur.  Mandi dan mulai jalan mencari makanan.  Kita jalan ke arah pantai kuta sambil lihat pantai di sore hari.  Karena resto resto disana lumayan mahal akhirnya kita putuskan untuk makan di McD.  Makan hot spicy chikend dan sambal matah, FIY sambal matahnya McD sambal matah gagal, beda gambar,  beda foto,  beda rasa,  not recommended lah klo aq.  Sama ada minuman kedondong fizz yg rasa e lebih mendekati kedondong yg udah terlalu mateng mendekati mo busuk.  Sorry McD for my opinion.  Kita makan di McD habis 40 K per orang.

IMG20180711183820 Pantai kuta di sore hari

Setelah kenyang makan,  kita jalan jalan di Beachwalk bali, kayak mall gt,  keren dan nggak tinggi kayak mall di sby,  cuma ada 4 lt termasuk basemen.  Konsepnya keren, di isi sama store branded like stradi,  h&m, zara, pull n bear dkk.  Yg paling aku suka ada store namanya candyland…  Pokok e itu isi e permen warna warni very colorfull. Akhirnya kita ke hypermart nya beli tik tak n buah potong total 31 K

IMG20180711202834 Penampakan dalam candyland store

Akhirnya kita memutuskan kembali ke jalan legian,  karena jalan legian klo malam lebih rame dan lebih hidup.  FIY selama kita jalan di sana,  kita selalu di salam in “assalamualaikum”, apaain sih norak menurut ku,  itu malah bikin kita berasa org asing n aneh.  Klo di indo klo ndak kenal ato ndak di daerah yg muslim (mesjid/ pengajian)  banget mending gak usah salam salam gt deh,  bukanne gak baik tp kesannya tambah aneh.  Di jawab salah,  nggak di jawab tambah salah. FIY secara jl legian itu banyak pub dan diskotik n mungkin ada beberapa yg masih trauma kejadian bom bom oknum yg nggak bertanggung jawab, mungkin agak aneh klo liat yg berhijab hijab gt. .. Hehehe.  Mending klo mo nyapa ya ucapin halo,  selamat malam,  hi,  gt gt aja… 😂

IMG20180711213010 Jl legian malam hari

Kita di jl legian berburu souvenir,  ada tmn yg nitip minta beliin dream catcher yg ternyata dream catcher di impor dari jawa, yg bikin org medura,  ya elah ngapain aku balikin ke jawa lagi… Beli souvenir dream catcher habis 21 K dapet 3 biji, sama gantungan kunci gajah 30 K dapet 4 biji.

IMG-20180712-WA0016 Gantungan kunci

Setelah belanja kita balik ke penginapan buat istirahat. Pagi harinya niat mo lait sun rise tp ternyata hujan deras mengguyur kuta. Dorongan rasa lapar juga yg me. Buat kita bangun dan bergerak mencari makan,  kita jalan lagi ke pantai kuta dan mendapati circle K dan beli ramen instant harga 25 K serta air minum 3 K.

Setelah jl muter muter udah jam 10.00 WITA aja. .. Kita putus in balik ke penginapan buat mandi,  packing dan checkout dr penginapan. Kita checkout tepat pukul 12.00 WITA.  Kita jalan menuju jl legian dan pesan ojek online menuju ke terminal ubung rp 20K. Dr terminal ubung ke terminal gilimanuk  by bus 50 K.  Karena lapar kita cari makan dulu setelah turun dari bus,  makan ayam betutu yg pedes itu serta pelengkapnya sambah matah,  sambel terasi,  kulupan,  kacang dan es teh super manis dengan harga 30K. Yg paling menarik aq nggak tau itu kulupan sayur apa,  kayak bayem tp bukan,  rasa e bukan kayak bayem.  Entahbitu sayur apa.  Mohon pencerahannya. Trus kita jalan ke pelabuhan, pas lagi asyik asyik jalan dan foto foto sekitar pelabuhan, tetiba pak polisi manggil kita.  Aq pikir kita melakukan kesalahan ato ngelanggar peraturan. Eh ternyata kita di suruh baca kalimat yg isinya mendukung polri untum memberantas hoax menjelang pilkada gubernur bali.  Trus kita di video in…  Duhh bikin spot jantung, pdahal kita juga bukan warga bali…. Setelah syuting video kocak sama bapak polisi kita putus in ke patung dewa siwa,  muter muter taman e ternyata ada tempat wisata hiden yg belum aq tau.  Ternyata di balik patung dewa siwa itu ada semacam daerah perairan pantai dan ditengah tengahnya ada daratannya,  disana juga ada perahu wisatanya juga.  Aq nggak tau nama tempat ini. Mungkin bagi yg baca blog geje ini bisa kasih tau apa nama e.

IMG20180712161448 Tempat wisata di belakang patung Dewa Siwa

Lanjut ke pelabuhan lagi yak,  seperti biasa kita isi data manifes penumpang,  bayar tiket dan finally naik kapal feri lagi.  Sekarang aq naik di dek kapal paling atas coy.  Seberangan sama ruang kapten kapal mengemudikan kapal.  Pake jaket ya guys,  anginnya kenceng banget.  Dingin.  Pelabukan ketapang terlihat indah di malam hari.  Keren.  Sesampainya tiba di pelabuhan ketapang kita ke indomaret lagi buat beli minum dan jajan,  abis 17K. Karena kita sampek di pelabukan jam 6 sore sedangkan kereta kita jam 10 malem.  Kita gabut selama ber jam jam. Mondar mandir gak karuan n gak da tempat wisata terdekat.

IMG-20180712-WA0055

Skip skip skip.. . Kita sudah di stasiun nunggu kereta menuju stasiun gubeng baru surabaya.  Dan sampailah aq di stasiun gubeng surabaya di jam 4.15 pagi.  Pesen gojek lagi buat balik ke kos 10 K.  FIY klo mo naik gojek dr gubeng,  kalian keluar stasiun kearah masjid ya,  disana para driver mangkal.  Deket kok.

Okkay sekarang kita totalan budget ya, jadi selama liburan ke bali yg cuma 2 hr 1 malam itu aku habis biaya 625 K. Lumayan gedhe ya…  Kayak nggak backpacker,  klo bawa banyak temen mungkin lebih sedikit biayanya.  Tp yg penting seneng kan. Lain kali aq tertarik buat ke Bali lagi.  Aq mo naik bis kura kura yg nganterin kita tour selama seharian di Bali,  nginep di jl patimura dan beli makan disana.  Lebih murah…  Hahaha … Dan semoga semakin banyak tempat yg bisa aku kunjungi setelah ini. Amiinnn

Thanks ya. .  Bye bye

Advertisements

Rute transportasi angkutan umum ke musium angkut batu malang.

 

Musium angkut merupakan salah satu tempat wisata yang worth banget buat kalian kunjungi. Musium angkut punya banyak banget spot selfi yang ga ada di tempat lain. Nggak Cuma sekedar bisa foto foto dan selfi. Kalian jubisa belajar banyak hal tentang transportasi. Mulai yang sederhana sampai yang tercanggih sekalipun.

IMG-20170723-WA0006

musium angkut batu malang

 

Disana banyak dipamerkan kendaraan antik dari berbagai masa dan negara. Buat kalian pecinta mobil antik, sepeda antik dan kendaraan antik lainnya, mengunjungi musium ini nggak akan ada ruginya. Wisata ke musium angkut cocok banget buat semua kalangan, kalian bisa berdua aja sama pasangan, keluarga, teman sekolah maupun teman kerja.

 

IMG-20170723-WA0008

Musium Angkut Batu

 

Nah, sekarang kita bahas rute kendaraan umum buat sampai kesananya. Buat kalian yang ga punya kendaraan sendiri atau sedang dalam kondisi kurang fit, maka kendaraan umum bisa dijadikan alternatif. Harga yang terhitung ekonomis juga cocok buat kalian yang backpackeran.

Karena aku dari surabaya, aq bahas rute start surabaya, tapi rute ini berlaku sama jika meeting pointnya stasiun malang.  Rute ini aq tulis berdasarkan pengalaman pribadi yang mungkin bisa sedikit membantu kalian sebagai referensi dan perbandingan.

Dari surabaya aq naik kereta api lokal menuju stasiun malang kota. Kalau dari stasiun wonokromo surabaya tiketnya 12.000 rupiah. Waktu tempuhnya sekitar 2.5 jam karena kereta api lokal banyak berhenti di stasiun stasiun lokal. Bila belum pernah bepergian dengan kereta selalu mintalah bantuan kepada petugas stasiun apabila menemui kesulitan. Sebaiknya beli tiket sehari sebelumnya untuk menghindari kehabisan kursi apalagi bila kalian hendak bepergian ketika weekend. Loket tiket KA lokal di stasiun wonokromo surabaya dibuka pada pukul 09.00 WIB dan untuk pengambilan kartu antrian dimulai pukul 08.00 WIB.

Kami membeli tiket pulang pergi untuk menghindari kehabisan tiket bila beli di stasiun malang. Untuk kereta dan jadwal kalian bisa pilih, silahkan baca pengumuman atau tanya kepada petugas ya.

Kereta kami berangkat pada sabtu pagi tgl 22 juli 2017 pukul 4.35 WIB dari stasiun wonkromo surabaya. Tapi kereta ternyata mengalami keterlambatan sehingga pukul 4. 50 WIB kami baru berangkat. Pada pukul 7.30 kami sampai di stasiun malang. Kalau kalian tidak membawa bekal dan perut terasa lapar, ada banyak warung makanan di sekitar stasiun. Kemudian kami melanjutkan perjalanan menggunakan angkutan kota/lyn. Lyn di kota malang warnanya biru semua, jadi satu satunya tanda pengenal adalah tulisan di badan angkotnya. Kalian harus menyebrang dan naik lyn GL menuju terminal Ladungsari, ongkosnya 5000 rupiah. Kalau kalian bingung tanya ya guys, tapi hati hati kena tipu. Perjalanannya sekitar 20 menit. Setelah sampai di terminal Ladungsari kita melanjutkan perjalanan dengan nagkut warna kuning agak kehijauan jurusan terminal batu. Kalau kalian bisa pake lyn warna ungu juga guys. Ongkosnya sama 5000 rupiah. Tapi kita pake yang warna kuning karena mau berhenti di rumah teman buat istirahat, silaturahmi dan makan gratis. Hahaha … ini ilmu yang kudu dimiliki backpacker ya, buat berhemat sebaiknya kalian hubungi saudara, teman atau kenalan, klo nggak dapet makanan seenggaknya ada tempat buat istirahat.

Setelah mengisi perut dan istirahat secukupnya kita lanjutkan perjalanan menggunakan angkut kuning yang sama menuju terminal batu. Sampai di terminal batu, kita melanjutkan perjalanan dengan lyn warna orange, selalu tanya juga ya guys apakah lynnya lewat musium angkut apa tidak. Jarak terminal batu ke musium angkut cukup dekat guys, nggak sampe 15 menit kok. Kita bakal langsung turun di depan musium angkut. Ongkosnya cuma 3000 rupiah.

Musium angkut dibuka pada pukul 12.00 WIB sampai 20.00 WIB. Loket tiket ditutup pukul 19.00 WIB. Harga tiket untuk weekend sabtu minggu 100.000 rupiah, untuk tiket weekdays senin-jumat 70.000 rupiah. Membawa kamera selain handphone tambah 30.000 rupiah. Dilarang membawa makanan dan minuman kedalam musium, jadi makanan dan minuman kalian bisa dititipkan di loker penitipan. Setelah mendapatkan tiket, kalian bisa berkeliling musium sepuasnya, ada jalur pemandu rute dan customer service yang banyak membantu, terutama bantuan ngefotoin kita.

Didalam musium juga terdapat kedai, toko accesories, dan studio foto menggunakan kostum ala nona nona eropa, tapi bayar ya guys buat sewa bajunya. Ada juga simulator menjadi pilot pesawat dengan membayar 200.000 rupiah. Kalo yang bayar bayar gini kita nggak seneng guys, jadi cukup dipuaskan foto foto selfi aja ya.

Owh iya, perlu diingat, lyn disana berakhir beroperasi jam 5 sore guys, jadi perhitungkan gimana kalian pulangnya ya. Lyn arah pulang sama ya guys. Lynnya PP soale. Sekian info dari saya. Klo kurang kalian bisa tambahin sendiri ya guys, bisa brosing brosing dan tanya tanya dari berbagai sumber.

7 persiapan yang wajib kamu lakukan agar pendakian mu Sampai di puncak

 

Mendaki bukan hal yang mudah, selalu butuh persiapan. Pendaki profesionalpun pasti butuh persiapan sebelum ia mendaki.

Tentu kamu sudah banyak mendengar banyak kecelakaan saat mendaki gunung, entah itu hanya luka kecil, luka berat sampai pada kehilangan nyawa seseorang. Untuk seorang yang amatir dalam mendaki perhatikan persiapan dibawah ini untuk menghindari hal yang tak diinginkan saat mendaki gunung:

  1. Persipan fisik

Sebelum memulai pendakian gunung, persipan fisik merupakan aspek penting yang wajib kamu lakukan. Lakukan persiapan fisik rutin selama 2 minggu sebelum keberangkatan untuk pendakian. Lakukan latihan fisik secara disiplin setiap hari dengan berlari atau berjalan cepat selama setidaknya 45 menit- 1 jam.

  1. Persiapan logistik

Rencanakan logistik yang akan kamu bawa. Perhitungkan berapa lama kamu akan melakukan pendakian. Perhitungkan juga berat beban yang sanggup kamu bawa. Untuk pendakian solo tentu kamu harus membawa seluruh logistik sendirian, kalau grup tentu beban akan dibagi dalam grup. Kalau kamu punya uang lebih dan menginginkan pendakian yang ga mau capek n ribet, lebih baik sewa tour guide n potter.

  1. Persiapan P3K

Persiapan P3K selalu penting dalam setiap perjalanan, bukan hanya untuk pendaki gunung. Kuasai diri kamu sendiri, yang tahu kebutuhan tubuhmu adalah diri kamu sendiri. Dengan meliahta riwayat penyakit yang kmu punya, perkirakan obat yang harus kamu bawa. Jangan lupa membawa obat-obat yang umum dipakai, jangan berharap sakit digunung karena pasti akan merusak suasana pendakianmu.

  1. Persiapan konsumsi

Banyak pendaki yang mengalami masalah kekurangan konsumsi saat pendakian. Sebenanrnya hal ini tidak boleh terjadi karena banyak sumber makanan di alam, tetapi karena faktor ketidaktahuan dan persiapan yang kurang matang akhirnya berakhir dengan buruk. Persiapan konsumsi juga berkaitan dengan berapa lama kalian akan melakukan perjalanan. Konsumsi disini terkait juga dengan ketersediaan air minum. Ingat, dehidrasi di pendakian bisa berakibat fatal dan berakhir dengan kehilangan nyawa. Pastikan kalian memiliki rencana untuk konsumsi dan ketersediaan air minum.

  1. Persipan transportasi

Untuk beberapa gunung yang sudah di komersilkan sebagai tempat wisata memang tak perlu bingung mengurus transportasi. Biasanya banyak kendaraan umum dan sewa yang angat mudah untuk ditemukan dan siap untuk mengantar sampai pos perijinan. Tetapi untuk gunung yang belum dikomersilkan sebagi tempat wisata kalian juga harus memikirkan transportasi, bukan hanya saat berangkat tapi juga ketika usdah turun gunung. Dengan jalur transportasi yang sudah terencana, ketika terjadi hal yang tak diinginkan, misalnya kecelakaan atau jatuh sakit, penanganannya akan lebih cepat.

  1. Persiapan dokumentasi dan komunikasi

Dokumentasi merupakan hal yang penting buat kamu. Sebagai pengingat akan masa lalu. Umumnya baterai kamera, handphone maupun alat dokumentasi lainnya kan cepat habis di suhu udara dingin. Pastika baterai kamera dan HP terisi secara penuh ketika berangkat. Bawalah baterai cadangan apabila baterai kalian habis saat perjalanan. Sangat penting buat kamu tetap menjaga baterai HP terisi selama pendakian, jangan sampai kamu tidak punya alat komunikasi apapun, jika terjadi sesuatu kamu masih bisa mengubungi seseorang.

  1. Persiapkan mental

Mungkin kamu sudah mempersiapkan berbagai persiapan lainnya secara matang, tapi tanpa persiapan yang satu ini, persiapan yang telah kamu lakukan hanyalah sia sia. Banyak pendaki tersesat atau kecelakaan yang akhirnya berakhir dengan tragis karena mental mereka sudah rusak. Panik, menyerah pada keadaaan dan akhirnya pasrah. Banyak pendaki yang secara fisik sehat dan kuat tetapi tak mampu mencapai puncak karena mental yang sudah kalah. Yang semula mengidam idamkan puncak harus puas hanya di setengan perjalanan. persiapkan mental kamu sebelum mendaki dan pastikan kamu menggapai puncaknya.

Inilah 7 manfaat biji pepaya yang tidak diketahui banyak orang

pepaya

Kebanyakan orang, ketika memakan pepaya akan membuang bijinya. Hanya sedikit orang yang tahu bahwa biji pepaya memiliki manfaat dalam kesehatan. Biji pepaya dapar mencegah dan mengobati beberapa penyakit yang berhubungan dengan hati, usus, penyakit yang disebabkan oleh cacing bahkan demam. Berikut ini manfaat dari biji buah pepaya :

  1. Mengobati sirosis hati

Biji pepaya mengandung banyak nutrisi yang membantu menyembuhkan penyakit sirosis hati (pengerasan hati). Tumbuk 5-6 biji pepaya dan campurkan kedalam makanan atau jus. Lebih baik anda memasukkan tumbukan biji pepaya kedalam jus lemon. Konsumsi biji pepaya ini harus dilakukan secara teratur setiap hari. Memakan biji pepaya dalam jumlah kecil secara teratur membantu men-detox organ hati dan menjaga kesehatan organ tersebut.

  1. Menjaga kesehatan ginjal

Peneliti dari Universitas Karachi menemukan bahwa biji pepaya dapat digunakan untuk menjaga ksehatan ginjal dan mencegah penyakit pada ginjal. Biji pepaya menyebabkan ginjal tahan terhadap serangan penyakit.

  1. Sebagai anti inflamasi

Biji pepaya mengandung zat anti inflamasi sehingga dapat digunakan untuk mengobati atristis, sakit pada sendi, nyeri dan bengkak.

  1. Sebagai anti bakteri dan anti virus.

Dalam jumlah sedikit, biji pepaya dapat digunkana untuk membunuh bakteri seperti E.Coli dan Salmonella. Biji pepaya juga melawan serangan virus, mengobati demam berdarah dan beberapa penyakit lain. Di Nigeria, biji pepaya dicampur susu untuk mengobati penyakit tifus.

  1. Mengistirahatkan sel kanker

Biji pepaya mengandung agen yang menghentikan pertumbuhan sel kanker dan tumor. Mereka mengandung isothiocyanate yang baik untuk mengobati kanker usus besar, payudara, paru-paru, leukimia dan kanker prostat.

  1. Membunuh parasit

Biji pepaya mengandung senyawa alkaloid yang bernama “carpain” yang membunuh parasit pada usus manusia seperti cacing dan amuba. Biji pepaya juga membantu proses metabolisme protein dan mengkondisikan saluran pencernaan manusia bukan tempat yang nyaman untuk dihuni oleh parasit.

  1. KB alami

Biji pepaya dapat digunakan untuk KB alami bagi pria maupun wanita, tanpa adanya efek samping. Telah berabad-abad digunakan oleh masyarakat India untuk mengontrol kelahiran.

Historical Places At Surabaya

surabaya

What do you think about Indonesia ? unsecure ? Bali ? Terorist ? Develop Country ? What ever do you think about this country, I have to say that this country is awesome. You can tell that what I am saying because I am an Indonesian. But just ask some one that had travel to Indonesia. And do not believe what’s your friend tell about. Prove it by your self. By tour and travel agent or backpacker by your own.

When you arrive in Indonesia, you may arrive at Jakarta or Bali. But may I suggest you to visit Surabaya. Surabaya is the second biggest city in Indonesia. In 2016 UN-Habit was held in this city. Surabaya wellknown as City of Heroes. Surabaya located in East java 772,2 km from Jakarta. Enough far right ?if you backpacker to Surabaya you can use public transportation by train, plane, bur, car or motorcycle from Jakarta. Consider the safety and cost if you choose public transportation.

In Surabaya there are many historical places. I will give the brief explanation about 11 historical places at Surabaya.

  1. Jembatan Merah Plaza

Jembatan mean “bridge”; merah mean “red”. The plaza was named jembatan merah plaza because it is located near jembatan merah that have historical stories. Jembatan merah plaza is one of the famous mall in surabaya. You can find valuable thing with wholesaler’s price.

  1. Pasar Atum Mall

Is a large trading mall in Surabaya, located at the northern of Surabaya, a large indoor chinese local market, selling food, clothes, jewelry, you can bargain the price here.

  1. Genteng Market

This traditional market is located in strategic area, genteng street in the city center. In this market you can find typical food of Surabayalike “krupuk”, saline fish, flaky or krinting fish and food types from crop growing on the sea. For example:flaky lorjuk, prawn and tripang. All snack and teh complement eat that have been tidy is goodin plastic and also box. Fruit taste crispy like salak, mango, banana, jackfriut and pineapple also available.

  1. Tunjungan Plaza

Is a shopping center in Surabaya, as well as the most popular plaza in the city of Surabaya society, Tunjungan Plaza is located in Surabaya Canter on general Basuki Rachmad and leads up to embong Malang street. This shopping center has four main building are interconected, tunjungan region known as the commercial center of the city of Surabaya. Tunjungan Plaza is a family mall concept to provide all needs of the family in one place.

  1. Heroes Monument Museum

This monument was built as the remembrance of the bravery of Surabaya’s fighters in the fighting againts the allies army. The monument with 41.15 meters height. It/s located in front of East Java Governor Office, as cultural pledge building, located in Pahlawan Street, in this monument we can also enjoy the photo collections complete its naration.

  1. Suramadu Bridge

Suramadu is abbreviation of “Surabaya” and “Madura”. His the name of a bridge that connect the city of Surabaya and madura island. The length is 5,438 meters and can be tranversed by vehicle such as cars and motorcycle. The bridge turn out to the longest bridge in Indonesia. It is also known as one object of tourist destination at Bangkalan. You acn buy fod and unique souvenirs.

  1. House Of Sampoerna Museum

Situated in “Old Surabaya”, this stately Dutch colonial-style compound built in 1862 and is now preserved historical site, previously uses as an orphanage managed by dutch. It was purchased in 1932 by Liem Seeng Tee, the founder of Sampoerna, with the intent of it being used as sampoerna’s first major cigarette production facility. Using city sightseeing bus that modeled like a tram that once roamed across the city in the past, so-called history trackers can enjoy and get know the buildings and history of Surabaya.

  1. Sunan Ampel Mosque

Mosque  that being built by Raden Rahmatullah in 1421, is reside in Ampel Street Surabaya, the visitor will be greeted by the merchants who sell various supplies to pray and also souvenir like godly clothes, prayer beads, cowl, cap, perfume, and date, according to official member of the mosque takmir every day around two thousands paid a visit.

  1. Cheng Ho Mosque

The architecture of Muhammad Cheng Ho, which located in Gading Street Surabaya, it’s built by alliying Islam culture, Java and Chinese. As a whole, the mosque is capable to accomodate 200 pilgrims, fairish 21×11 meters with main building 11×9 meters.

  1. Santa Perawan Maria Church

The Roman Catholic Church of Kelahiran Santa Perawan Maria, is located at Kepanjen Street, the church that being built in 1899 is th oldest church in Surabaya the church is designed with gothic style by dutch westmaes there is resemblance of this church with church architect, Jean Baptiste Antoine Lassus, St.Jean Baptiste de Belleville Paris built in 1854.

  1. Sanggar Agung Temple

Klenteng Sanggar Agung or Hong Tan temple for buddist, Tao and Kong Hu Cu followers located in Sukolilo Street 100, Kenjeran Beach. The existence of Sanggar Agung temple become more attractive because of the temple is situated above the sea water.

 

If there are grammatical error or any suggestion just leave comment or send an email at rohanailmiah@gmail.com

 

 

 

 

 

RECIPE INDONESIAN HOMEMADE FRIED RICE

nasi goreng

Fried rice is one of the indonesian national food. You can find fried rice in all street food, hotel and restaurant all over Indonesia. Recently fried rice become popular in another country. Fried rice is full tasty. There are many kind of fried rice, egg fried rice, chicken fried rice, mawut fried rice, sea food fried rice, vegetable fried rice, pete fried rice, anchovy fried rice, tration fried rice etc. About the recipe depend on the chef itself. Some fried rice cook with cuisine spices like other chinese food or javanese spices.
I like to make simple recipe when cook fried rice in my own kitchen, with simple spices. Here we go:
You needs :
1. Cooked rice (250 gr)
2. Oil /margarin (2 tbsp)
3. Onion (2 cloves)
4. Garlic (4 cloves)
5. Chily pepper (3 pieces)
6. Salt (1/2 tsp)
Aditional ingredients
1. Cabbages (50 gr)
2. Egg (1 piece)
3. Chickend (50 gr)
Steps :
1. Chop the onions, garlics, chily and chickend. Do not mix them.
2. Slice the cabbages.
3. Take a pan, turn on the stove in medium fire.
4. Pour cooking oil or margarin into the pan when in become heat.
5. Put the garlics and stir a moment, put the onion and chily pepper. Stir until you can smell the spices.
6. Put the chickend on the pan anda stir. If the chicken change the color you can pour the egg. Keep on scrambling the egg.
7. Pour the rice and mix all ingredients. Pour the salt. And stir.
8. Taste the fried rice and add the ingredients that you need.
9. Fried rice ready to served.
Thankyou for reading my article. If there is mistake grammar or words just comment or send me email at rohanailmiah@gmail.com

7 alasan unik kenapa seseorang pengen segera menikah

wedding

Pernikahan merupakan momen yang diidamkan oleh hampir semua orang. Berbagai alasan diungkapkan seseorang untuk segera menikah. Berikut ini beberapa alasan yang mungkin melandasi kalian untuk segera menikah.

  1. Ngerjain skripsi nggak slese-slese

Kamu lagi ngerjain skripsi ? jenuh ? bosan ? skripsimu nggak berkembang dan nggak ada kemajuan ? dosen mu sulit di ajak bimbingan ? banyak revisi ? nggak di ACC terus ? datamu gagal ? harus ganti judul ? aduh banyak ya halangannya ngerjain skripsi. Ini nih yang membuat banyak orang berpikiran untuk menikah saat skripsinya tak kunjung usai.

  1. Nyari kerja nggak dapet dapet

Kamu udah lulus, bersyukur bisa nylesein skripsi dengan penuh darah dan nanah. Nah sekarang kamu harus nyari kerja. Kamu nglamar kerja sana sini, ngedrop CV sana sini, cari lowongan online, langsung ke kantor perusahaan, koran, informasi dari teman, kamu udah nglakuin banyak hal untuk cari kerja. Udah pernah kepanggil tapi kok nggak ada panggilan lagi ? gagal lagi deh. Nyari kerja lagi. Bosen, stress, ini nih yang banyak membuat orang pengen nikah aja.

  1. Punya gebetan ganteng/cantik + kaya

Gebetanmu ganteng/cantik dan kaya pula. Hati hati banyak yang naksir. Mending segera diikat dengan pernikahan biar dia nggak kemana mana. Siapa yang tak senang dapat pacar atau gebetan yang ganteng/cantik + kaya. Sudah rupawan, mapan lagi. Untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan. Lebih baik segera menikah.

  1. Temen mu pada ninggalin kamu coz menikah

Nggak ada temen hang out ? temen mu pada sibuk ngurus rumah tangga masing masing. Mereka memilih keluarga dari pada bertemu dengan mu. Ada yang lagi sibuk ngurus bayi, jadi nggak bisa sembarang an diajak hang out kayak dulu. Jangan berharap banyak mereka masih bisa main kayak dulu. Sedangkan kamu masih single, ternyata melihat temen-temen mu yang sudah membina rumah tangga akhirnya mempengaruhimu untuk pengen berumah tangga kayak mereka.

  1. Pacaran udah bertahun tahun

Kamu pacaran udah berapa lama ? dari SMA ? Dari jaman kuliah semester satu dulu ?. Dalam waktu selama itu pasti kamu telah mengenal pasangan dengan baik. Tau bibit, bebet dan bobot pasanganmu. Sebaiknya akhiri masa pacaranmu dan masuk ke jenjang yang lebih serius sebagai suami istri. Sangat disayangkan bila kalian tak berakhir dipelaminan.

  1. Desakan ortu

Bagi kalian yang akan memasuki usia kepala 3, tentu saja ortu kalian pernah bertanya dong kapan nikah. Mungkin saja kalian bisa jawab masih ingin mengejar karir dan sebagainya. Tapi tak dipungkiri kalau pertanyaan itu diajukan terus menerus, kepikiran juga buat nyenengin orang tua dengan segera menikah.

  1. Takut dibilang nggak laku

Mungkin alasan ini alasan klasik. Kamu belum punya pasangan karena beberapa hal yang bisa berbeda-beda tiap orang. Kamu sering jadi bahan candaan temen mu waktu kumpul bersama. Untuk membuktikan dirimu bisa mendapatkan pasangan kamu pasti kepikiran nikah secepat mungkin.