Jember Fashion Carnival 2015

DSC01435DSC01409DSC01407DSC01406DSC01404DSC01411

JEMBER FASHION CARNIVAL

Jember Fashion Carnival (JFC) merupakan pameran busana yang sudah diakui oleh dunia internasional. Pameran busana ini awalnya merupakan karnaval untuk memperingati dirgahayu RI setiap tahunnya. Penyelenggaraan karnaval ini seperti street carnaval lainnya yaitu sepanjang jalan raya. JFC tahun ini dilangsungkan pada tanggal 26-30 agustus 2015. Walaupun jaraknya agak jauh dari tanggal 17 agustus tapi gelar busana ini masih dalam rangka untuk memperingati dirgahayu RI. JFC bukan hanya sekedar gelar busana tetapi sudah merupakan gelar budaya, tidak hanya menampilkan budaya kota Jember atau jawa timur namun sudah juga menampilkan hampir seluruh budaya nasional. Bahkan di ajang pemilihan miss universe tahun 2015, kostum yang dipakai putri indonesia saat itu merupakan hasil karya anak bangsa dari Jember dan memperoleh penghargaan sebagai busana terbaik pada ajang tersebut. Ajang JFC juga menjadi even yang menarik ribuan wisatawan domestik maupun mancanegara.

Pada tanggal 29 agustus 2015 lalu saya menyempatkan diri untuk melihat ajang pameran busana tersebut. Beberapa persiapan saya lakukan, mulai dari pencarian informasi kegiatan, lokasi kegiatan, transportasi, biaya perjalanan dan lama perjalanan. Pencarian informasi saya lakukan melalui internet dengan search engine google serta bertanya ke teman-teman yang ada di Jember. Sebagai panduan cobalah untuk membaca website resmi pengelola kegiatan untuk informasi yang jelas, serta bacalah beberapa blog orang lain yang pernah melihat pameran tersebut untuk memberikan sedikit gambaran kegiatan tersebut, terutama bagi anda yang belum pernah ke Jember dan tidak memiliki teman atau saudara yang adapat membantu ketika anada di kota tersebut. Untuk lebih mempermudah anda mendapatkan informasi, ada baiknya anda menghubngi teman lama anda atau saudara anda yang ada di Jember. Akan lebih mudah jika anda memiliki seseorang yang tahu seluk beluk kota dan kegiatan tersebut. Dalam melakukan perjalanan, partner perjalanan berperan penting agar perjalanan anda terasa sangat menyenangkan, ajaklah seseorang yang benar benar anda sukai dan dapat membantu anda. Jumlah rombongan sesuaikan dengan keinginan anda, bisa sendiri, berdua atau beramai-ramai.

Perjalanan ini saya lakukan berdua dengan teman saya, karena dua teman saya yang lain membatalkan perjalanan ini karena alasan kesehatan. Kami berangkat dari Terminal Purbaya (Bungurasih) surabaya pukul 06.15 WIB dengan bis antar kota kelas ekonomi. Bis antar kota kelas ekonomi kami tidak seperti bis ekonomi antar kota jurusan Sby-Jogja yang fasilitasnya sama seperti bus eksekutif. Bis yang kami tumpangi non-ac, kondisi bus yang biasa saja dan tidak begitu menarik. Kami naik bus ini karena alasan biaya yang masih terjangkau seharga 40.000 rupiah. Jika anda ingin bus ber AC anda dapat naik bus patas seharga 65.000 rupiah atau kereta api seharga 80.000 rupiah dari stasiun Gubeng Surabaya. Perjalanan dalam bus kami tempuh selama ± 5 jam perjalanan. bus kami tidak langsung menuju Jember, kami harus oper ke bus lain di Terminal Probolinggo. Tetapi anda jangan khawatir anda tidak akan dikenakan tarif baru, anda cukup memberikan karcis bus lama anda ke kondektur bus baru, anda akan mendapatkan karcis baru lagi. Jadi jangan lupa untuk menyimpan karcis bus anda. Kami sampai di terminal Jember bernama terminal tawang alun pada pukul 11.45 WIB. Lega rasanya menginjakkan kaki di terminal setelah sekian lama duduk di dalam bus. Karena sudah waktunya dhuhur kami mencari mushola. Anda dapat menggunakan mushola yang letaknya di dekat keberangkatan bus antar kota atau anda ke masjid kecil di depan terminal, anda harus menyeberang jalan untuk mendapatkan masjid tersebut. Kondisi masjidnya lebih bersih dibanding mushola yang ada di terminal, namun anda tidak akan menemukan kamar mandi di masjid ini, jadi bagi anda yang ingin ke kamar mandi silahkan menuju toilet umum yang ada di terminal.

Setelah menunaikan sholat dhuhur, kami segera menuju pusat kota. Berdasarkan info yang saya terima, JFC dimulai pukul 13.00 WIB. Untuk menuju pusat kota, gunakan angkotan kota berwarna kuning bertanda A atau D. Ongkos angkot yang harus anda siapkan untuk sampai alun-alun kota adalah 5000 rupiah. Pastikan anda ke tempat JFC sebelum acara dimulai karena akan macet dan di jalan raya akan ditutup untuk sementara. JFC dilaksanakan sepanjang jalan dari alun-alun sampai GOR, jaraknya sekitar 3 km. Ketika kami sampai di alun alun, acara belum dimulai karena setelah mendengar informasi dari masyarakat sekitar pameran akan dimulai sektar pukul 15.00 WIB. Kami tidak menyia-nyikan kesempatan untuk berkeliling di alun alun. Di alun-alun anda dapat melihat banyak pameran dan penjual makanan maupun souvenir.

Stan pameran ada yang outdoor serta indoor. Di awal memasuki alun-alun anda akan melihat stan pameran outdoor. Setelah menyusuri sepanjang stan anda akan menemukan stan pameran indoor dalam tenda besar (Gambar 3). Di depan tenda tersebut biasanya anda dapat melihat jadwal kegiatan selama pameran (Gambar 2).

Anda dapat membeli beberapa souvenir untuk kawan atau saudara. Ada beberapa penawaran menarik atau diskon selama di pameran dengan syarat-syarat tertentu. Saya sarankan anda memiliki KTP Jember atau ajaklah kawan anda yang memiliki KTP Jember. Banyak penawaran khusus untuk warga ber-KTP Jember.

Setelah puas melihat-lihat pameran, keluar dari tenda saya mendapati ikon menarik yang lumayan ciamik untuk di jadikan background berfoto. Saya juga menemukan batuan akik khas Jember yang ditata seperti tumpeng batu raksasa.

Jikalau anda tidak memiliki tiket tempat duduk, jangan harap bisa menerobos pintu karcis karena di jaga ketat oleh bodyguard, satpam serta polisi. Tapi saya sarankan anda tidak perlu membeli karcis untuk dapat melihat tontonan yang gratis. Cukup melihat dari jalan raya saya rasa sudah cukup memuaskan. Pastikan kaki anda kuat untuk berdiri setidaknya untuk 2-3 jam di tengah sengatan matahari dan kerumunan masa. Berdirilah di barisan depan agar anda dapat memfoto dengan jelas. Jangan lupa siapkan minum, camilan, permen dan tentu saja kamera anda. Karena saya menonton pada tanggal 29 Agustus, antusiasme wisatawan kurang begitu terlihat, jika anda ingin euforia JFC yang besar anda dapat melihat pada acara puncaknya yang umumnya jatuh pada hari terakhir dari rangkaian kegiatan. Tapi bukan berarti pameran pada hari-hari sebelumnya mengecewakan, anda akan disuguhi pameran busana karnival kelas internasional.

Pameran pada hari itu dimulai pukul 14.00 WIB dan berakhir pada pukul 16.00 WIB. Jika anda ingin foto selfi dengan peraga busananya secara dekat anda dapat ke tempat finis karnival yaitu GOR. Saat itu kami tidak sempat untuk menuju tempat finis karena keterbatasan waktu. Setelah puas menonton jalannya karnival anda dapat membeli makanan atau minuman yang dijual disepanjang jalan raya, kami menyempatkan untuk menikmati soto seharga 9000 rupiah, capcin 8000 rupiah, pop ice 4000 rupiah dan cilok 5000 rupiah. Lokasi alun-alun berdekatan dengan masjid agung Jember. Anda dapat beristirahat sekaligus menunaikan kewajiban anda yang beragam islam.

Setelah menunaikan sholat ashar, kami bergegas kembali ke terminal tawang alun. Anda dapat menggunakan angkot untuk kembeli ke terminal dengan harga yang sama yaitu 5000 rupiah. Dan perjalanan panjang ke surabaya dimulai kembali. Sekedar tips saja, persiapkan perjalanan anda sebaik mungkin, kemungkinan besar anda akan banyak mengalami kemacetan jika menggunakan kendaraan umum bus dan hati hati barang bawaan anda, simpan semua karcis bus anda, karena anda sewaktu waktu di oper ke bus lain, jika anda tidak bisa menunjukkan karcis bus lama anda, anda terpaksa harus membayar kembali. Begitulah sekelumit cerita perjalanan saya menuju Jember, semoga bermanfaat dan kembali ke kota tersebut untuk perjalanan yang lainnya.