Pengalaman Tes di PT Pharos

looking-for-a-job

Saya akan menceritakan pengalaman mencari kerja saya sebagai fresh graduate. Sebagai lulusan baru tentu saja saya mencari kerja dari berbagai sumber, koran, website, medsos, teman dsb. Suatu saat saya browsing lowongan kerja di internet. Saya menemukan lowongan kerja di salah satu website. Disana tertera lowongan untuk PT Pharos, saat itu ada beberapa lowongan yang tersedia antara lain store supervisor, store manager, administration dan satu lain tapi saya lupa …. hehehe.
Dalam iklan lowongan tersebut tertulis untuk mengirim berkas lamaran ke alamat kantor atau melalui email. Tak menunggu lama, saya segera mengirim berkas lamaran dalam hard file melalui kantor pos. Kira-kira sebulan berikutnya saya menerima sms bahwa saya akan menerima tahap psikotes I. Saya diminta mengirimkan alamat email untuk mengirim soal psikotes. Tak berselang lama setelah mengirimkan alamat email, saya menerima email dari salah seorang HRD. Waktu pengerjaan soal kira kira 1 minggu, tapi saya segera mengirim jawaban setelah mengerjakan soal. Satu bulan telah berlalu, saya berpikir saya sudah tidak memiliki kesempatan.
Sudah sekitar 2 bulan saya menerima email kembali dari PT Mitra Insan Sejahtera (anak perusaan PT Pharos yang bertugas untuk menyelenggarakan perekrutan karyawan) bahwa saya lolos ke tahap psikotes 2. Saya diminta untuk log in untuk menentukan tanggal tes dan lokasi. Saya melakukan seperti apa yang diperintahakan di email. Saya memilih tanggal 10 agustus 2016 pukul 8.00-13.00 dengan lokasi di surabaya.
Pada tanggal tersebut saya berniat untuk menghadiri tes. Sampai di tempat tes yang lokasinya di siwalankerto di apotik centuri saya menyerahkan foto kopi KTP. Tak berapa lama saya dipanggil, petugas bilang kalau saya tidak terdaftar untuk tes. Saya diminta untuk menunjukkan bukti email bahwa saya tertunjuk untuk mengikuti tes psikotes tahap 2. Karena email tidak saya print saya menunjukkan email dari ponsel saya. Saya diminta untuk menunggu lagi. Saya sudah menunggu selama hampir setengah jam, merasa buang buang waktu akhirnya saya tinggal pulang.
Saya ambil hikmahnya saja dari kejadian ini, mungkin Tuhan tak mau saya kerja di perusahaan tersebut. Coba saja browsing di internet dan lihat tread tread atau komentar mereka tentang PT Pharos atau PT Mitra Insan Sejahtera lalu anda akan menemukan jawabannya. Ganbatte mencari kerja … atau berpikiran untuk menciptakan kerja ?
Salam sukses !

Leave a Reply

