7 Persiapan Yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Menikah

Buat kamu yang lagi mikirin pernikahan, banyak hal yang harus kamu persiapkan sebelum pernikahan berlangsung. Tujuannya agar pesta pernikahanmu meriah dan berkesan. Persiapan ini tidak bisa kamu lakukan hanya dalam waktu yang singkat. Umumnya persiapan pernikahan butuh waktu kurang lebih 3 bulan. Berikut 7 persiapan yang wajib kamu ketahui sebelum menikah.

gedung pernikahan

  1. Lokasi

Menentukan lokasi pernikahan tak semudah yang kamu bayangkan. Banyak hal yang kamu harus pertimbangkan, kamu pengen resepsi dirumah sendiri atau di gedung pernikahan. Kalau rumahmu cukup besar atau punya halaman yang luas, saya kira tak masalah untuk memilih lokasi di rumah saja. Kalau rumahmu sempit dan tak ada lahan yang luas lebih baik cari gedung pernikahan. List berapa tamu undangan yang hadir, jawablah pertanyaan apakah cukup di tempatkan di rumah atau gedung pernikahan. Pilihlah lokasi yang strategis, jangan sampai tamu undanganmu kebingungan mencari lokasi pernikahanmu. Kalau memilih lokasi di gedung pernikahan, pastikan kamu sudah booking jauh-jauh hari, bisa saja pada saat tanggal pernikahanmu gedungnya sudah lebih dahulu di booking orang.

wedding invitation 1

  1. Undangan

Biar saudara, teman, karip, kerabat, tetangga, rekan kerja dan kenalanmu tahu kamu akan melangsungkan pernikahan, kamu perlu kartu undangan. Tanpa kartu undangan pernikahan, pestamu bakal sepi. Kartu undanagn mempermudah kamu untuk menyampaikan informasi dimana dan kapan pernikahnmu akan berlangsung. Kartu undanganmu sebaiknya di print, biar semua orang bisa baca. Kalau undanganmu berbentuk online, orang yang gaptek dan orang tua akan kesulitan membaca. Kamu bisa mencetak sendiri kartu undangan atau menggunakan jasa cetak undangan di lingkungan sekitarmu. Harganya bervariasi bergantung pada model dan jenis kertas yang digunakan. Kalau budget mu sedikit, ada lho yang menawarkan undangan pernikahan dengan harga 700 rupiah per lembarnya. Sebaiknya list tamu yang akan kamu undang dan perkirakan berapa banyak kamu memesan undangan.

dekoration

  1. Dekorasi

Lokasi pernikahan sudah di tentukan, undangan sudah cetak. Hal ketiga yang kamu harus pikirkan adalah dekorasi. Dekorasi ini penting untuk menangkap momen bahagia kamu. Sudah pasti banyak foto yang akan diambil saat pesta pernikahan, pastikan dekorasinya OK biar semua foto tampak keren. Termasuk foto selfi kalian. Tak perlu memaksakan diri untuk mendekor sendiri pesta pernikahanmu jika kamu tak punya banyak waktu dan tenaga. Sekarang sudah banyak Event Organizer yang membantu kamu. Agar biaya pernikahnmu murah, sebaiknya pesan paket pernikahan lengkap yang sudah banyak beredar. Biasanya mereka akan mematok harga tertentu yang sudah meliputi dekorasi, rias, gaun, catring dll. Banyak paket yang bisa kamu pilih bergantung budget. Kalau kamu punya uang lebih dan ingin pesta pernikahanmu berkesan, kamu bisa request tema tertentu ke bagian EO nya.

catring

  1. Catring

Pesta pernikahan identik dengan banyak makanan dan minuman. Ini penting untuk menjamu tamu mu. Kualitas dan kuantitas makanan yang kamu hidangkan juga berpengaruh terhadap penilaian orang lain atas pesta yang kamu gelar. Karena makanan yang dihidangkan dalam jumlah besar, kamu butuh catring. Selain ga ribet, ini juga praktis. Selain itu catring juga menyiapkan dekor meja mereka sendiri. Catring pernikahanmu bisa cari sendiri atau kamu ikut paket pernikahan yang sudah mencakup catring. Biasanya harga catring ditentukan oleh berapa banyak porsi makanan yang kamu pesan dan harga per porsinya. Inilah gunanya kamu perlu membuat list berapa banyak tamu undangan yang bakal hadir di pestamu. Harga satu porsi makanan umumnya mulai dari belasan ribu sampai puluhan. Kamu tinggal pilih menu yang kamu inginkan ke pihak penyedia catring.

make up

  1. Rias pengantin

Karena momen pernikahan ini satu kali seumur hidup, jadi penampilanmu harus maksimal. Kamu butuh rias pengantin, apalagi kalau kamu cewek. Karena cewek lebih ribet untuk urusan rias merias wajah. Kalau cowok mah yang penting dia mandi, dipakein jas yang bersih juga udah ganteng banget. Kalau budgetmu lumayan gedhe, coba cari make up artist and profesional. Berdasarkan pengamatanku kalau pake make up artis itu hasilnya bagus banget, bisa bikin tamumu pangling. Rias pengantin ini juga ada paketannya lho, tentuin kamu mau nikah ala adat apa ala barat. Kalau kamu nggak punya gaun sendiri, mereka siap menyewakan gaun pernikahan.

fotografer

  1. Fotografer

Momen krusial dan penting kayak penikahan harus diabadikan. Inilah gunanya kamu butuh fotografer profesional. Kenapa harus fotografer profesional? bukan asal orang yang bisa pegang kamera ?. Orang yang tahu pegang kamera dan bisa ngefoto belum tentu teknik fotografinya bagus. Mereka bisa mengambil gambar tapi hasilnya biasa saja. Hasilnya tak akan jauh beda sama kamu yang pegang kamera. Tapi hasil jepretan tangan fotografer wedding yang profesional memiliki nilai seni, karena pada dasarnya mereka bukan hanya mencari uang tapi menonjolkan nilai seni dari foto itu sendiri. Coba deh kamu browsing hasil fotografi profesional, mereka bisa melihat suatu obyek dari sudut yang berbeda. Kamu juga bisa menyewa mereka untuk momen prawed atau momen penting lainnya.

wedding ring

  1. Cincin pernikahan

Benda yang satu ini jangan sampai lupa. Kenapa harus cincin ? sebenarnya ini tidak harus, lagian syarat syah pernikahan juga tidak mencantumkan cincin. Tapi mau gimana lagi, dunia telah mengenal cincin sebagai tanda pengikat pernikahan antara dua orang. Sudah menjadi syarat umum bahwa cincin wajib ada dalam pernikahan. Pesan jauh jauh hari ke penjual cincin yang terdekat di kotamu. Pastikan desain cincinnya telah kamu sepakati bersama pasangan. Dengan memesan cincin pernikahan, cincinmu akan berbeda dari yang lain. Kalian bisa pesan cincin yang ada nama kalian di cincinnya, yang ada tanggal pernikahan kalian, atau yang berliannya gedhe. Terserahlah, semua itu bergantung pada budget kalian. Bahan cincin pernikahan juga tak selamanya emas kok, bisa perak, alloy atau bahan metal yang lainnya. Meskipun Cuma alloy tapi kalau ada berliannya 5 karat, siapa yang menolak ?hehehehe….

Demikianlah beberapa persiapan utama sebelum pernikahan, sebenarnya masih banyak lagi yang perlu kalian persiapkan. Terutama mental, karena kalian akan memasuki fase kehidupan yang lain. Semoga sukses ya acara pernikahannya, kalau butuh undangan pernikahan yang unik dan mewah, atau susah cari percetakan undangan yang terpercaya, calling aku aja. Hehehe…

*Salam Hangat Dan Sukses*

TINTA MANDIRI

OFFSET & PRINTING

Jl Kalimantan No 24 Magetan

Telp/WA 085 649 969 258

Advertisements