Pengalaman seminar Briguna 2018

Semangat pagi.

In my phone this is 9.12 a.m. Tanggal 22 september 2018. Sekarang aku lagi join seminar briguna di favemex hotel surabaya bersama dua temenku si puni dan si raisa (nama samaran). Aku tau acara ini dari instagram dan aku coba coba daftar via google form.  Sehari kemudian aq dapet email bahwa sudah terdaftar sebagai peserta seminar.  Beberapa hari sebelum seminar aku juga dapat notifikasi wasap untuk konfirmasi kehadiran.  Konfirmasi ini nggak cuma dari satu nomer aja,  ada dua nomer wasap di HP ku dan juga email yg bolak balik.

Dalam undangan tercantum kita harus registrasi ulang jam 7.30 wib dan acara di mulai pukul 08.00-13.00 wib.  Aku usahain agar gak dateng telat dan ontime.  Tapi sampai di tempat pukul 7.30 wib panitia belum siap untuk melakukan daftar ulang dan kita diminta untuk menunggu di area lobbi dulu.  Sambil menunggu panitia siap,  aku ke lobi sambil mengenang kenangan kita di tempat ini.  Ini tempat yang sama ketika kita training kerja setahun yang lalu.  Dengan kursi,  meja dan tanaman plastik yang masih sama. Ketika sedang menikmati pinggiran kota surabaya dari lt 7 hotel,  temen aku di wawancara oleh seseorang.  Karena si aku dan si puni nggak mau di wawancara,  kita berusaha untuk menghindar dan pura pura ke tempat lain dan berhubung pendaftaran ulang di mulai,  kita mulai daftar ulang.  Lah ternyata para interviewer itu dimana mana.  Ketika mau daftar ulang si puni ikut ditanyain dan aku berusaha buat menghindar.  Dan ketika si puni sudah berhasil menghindar,  giliran aku yg diincar.  Sebagai warga masyarakat indonesia, seperti biasanya aku nggak bisa nolak dan akhirnya aku iya in aja.  Aq sempet tanya mbk nya dari perusahaan apa, dia sampek jelasin klo dia ada surat tugas dan bla bla bla,  trus njanjiin aku dapet hadiah.  Nanti aq unboxing tu hadiah ya. Akhirnya aku harus menjawab beberapa pertanyaan. Setelah selesai wawancara dan dapet tu hadiah,  aq search google what is nielsen. Aku nggak akan jelasin itu perusahaan apa,  silahkan itu di search sendiri secara detail baik dan buruknya.

Jam di hp ku sudah menunjukkkan pukul 08.00 dan acara belum di mulai. Nunggu sampai jam 8 lebih,  dan belum di mulai.  Trus ada salah satu panitia yang nawarin foto di photobooth mereka untuk di post di instagram dan yg beruntung bisa dapet goodie bag. Aq sama si puni sama sekali nggak tertarik. 

IMG20180922084648

Area photobooth


Sampek jam 08.20 wib,  belum di mulai juga,  ada satu panitia lagi yang nawarin foto di photobooth dan njelasin ada coffee break.  Nah dari situ aku langsung semangat cari minum.  Karena bosan aku bereksperimen dengan mencampurkan 5 sachet creamer ke dalam stengah gelas teh tawar,  hmmm…  rasanya seperti susu tawar,  akhirnya dengan saran si puni,  aku menambahkan seperempat sendok teh gula dan wallaaa…  rasanya seperti teh tarik.  Hahahaha

Udah lama,  boring,  acara telat,  very dissapointed,  panas,  gerah pokoknya bad mood abis, akhirnya kita coba ke ruang atas mungkin disana adem,  ternyata enggak.  Kita turun lagi, dan akhirnya aku tanya ke panitia,  start pukul berapa,  dia bilang 15 menit lagi saat aku tanya itu pukul 08.40 wib.  Aku iya in dan mempertegas dia klo acara bakal di mulai 15 menit lagi.  Akhirnya kita cuma muter muter di ruangan itu.  Trus nanya wifi sama satpam…  Yhuuuiii…  Wifi gratis.  Setiap ada panitia yang nawarin photo aq jutek in karena udah sebel,  gerah,  panas.  Sampek aku akhirnya wasap CP di hp ku saking sebelnya. Tanya dan jawabnya juga gak kalah jutek.

Akhirnya pintu ruangan seminar dibuka pukul 8.55 WIB. Aku tau dan pernah juga jadi panitia seminar di kampus dulu, banyak hal yang perlu dipersiapkan, apalagi harus menunggu sesoang yang agak penting untuuk di tunggu dan datengnya telat. Aku pikir Indonesia harus segera merubah mind setnya, kalaupun si orang yang agak penting tersebut mo dateng telat ya silahkan, tapi acara must goes on. Harus ada yang take action dan memulai acaranya. Be ontime lah. Dan klo acara mulai jam 9 ya bilang aja acara mulai jam sembilan. Jangan bilang jam 8. Stop of doing that,waiting is so boring.

Sorry, I’m in rant. Setelah kita masuk, duduk di kursi yang telah disediain. Nggak lama kemudian MC memandu pembukaan acara. 2 pembicara selesai dengan memberikan materi mereka. Sebenarnya aku suka dengan dua pembicara ini. Mereka enterpreneur di bidangnya masing masing, pembicara yang pertama keliatan banget klo suka baca buku. Aku tau dia mengutip beberapa kata motivasi dari beberapa tokoh dunia. Pembicara kedua terlihat bahwa dia orang yang cerdas dan penuh pengalaman. Dengan mengikuti seminar mereka ada semangat kecil yang tumbuh di hati. Setelah dua pembicara ini selesai menyampaikan materi, sesi tanya jawab dan kesimpulan, akhirnya tibalah sesi yang menjadi tujuan utama acara ini yaitu, apa itu briguna pendidikan. Simple nya briguna pendidikan itu kredit biaya pendidikan, jadi klo kalian pengen sekolah lanjutan kalian bisa kredit disini. Selama masa kuliah kalian Cuma bayar bunga perbulan, klo sudah lulus kalian bayar cicilan + bunga per bulan. Tawaran yang menarik di hati. Omegod. Coz aku kan pengen juga kuliah S2 kayak yang lain gitu. Keinginan ku harus aku tekan. Aku harus mengerucut ke satu keinginan aja, biar fokus.

Kesimpulannya aku suka acara ini Cuma sedikit kecewa karena molor sampe jam 09.00 WIB padalah di undangan tertera daftar ulang jam 7.30, acara mulai jam 08.00 -13.00 WIB. I do not like waiting.

Advertisements

Rute transportasi angkutan umum ke musium angkut batu malang.

 

Musium angkut merupakan salah satu tempat wisata yang worth banget buat kalian kunjungi. Musium angkut punya banyak banget spot selfi yang ga ada di tempat lain. Nggak Cuma sekedar bisa foto foto dan selfi. Kalian jubisa belajar banyak hal tentang transportasi. Mulai yang sederhana sampai yang tercanggih sekalipun.

IMG-20170723-WA0006

musium angkut batu malang

 

Disana banyak dipamerkan kendaraan antik dari berbagai masa dan negara. Buat kalian pecinta mobil antik, sepeda antik dan kendaraan antik lainnya, mengunjungi musium ini nggak akan ada ruginya. Wisata ke musium angkut cocok banget buat semua kalangan, kalian bisa berdua aja sama pasangan, keluarga, teman sekolah maupun teman kerja.

 

IMG-20170723-WA0008

Musium Angkut Batu

 

Nah, sekarang kita bahas rute kendaraan umum buat sampai kesananya. Buat kalian yang ga punya kendaraan sendiri atau sedang dalam kondisi kurang fit, maka kendaraan umum bisa dijadikan alternatif. Harga yang terhitung ekonomis juga cocok buat kalian yang backpackeran.

Karena aku dari surabaya, aq bahas rute start surabaya, tapi rute ini berlaku sama jika meeting pointnya stasiun malang.  Rute ini aq tulis berdasarkan pengalaman pribadi yang mungkin bisa sedikit membantu kalian sebagai referensi dan perbandingan.

Dari surabaya aq naik kereta api lokal menuju stasiun malang kota. Kalau dari stasiun wonokromo surabaya tiketnya 12.000 rupiah. Waktu tempuhnya sekitar 2.5 jam karena kereta api lokal banyak berhenti di stasiun stasiun lokal. Bila belum pernah bepergian dengan kereta selalu mintalah bantuan kepada petugas stasiun apabila menemui kesulitan. Sebaiknya beli tiket sehari sebelumnya untuk menghindari kehabisan kursi apalagi bila kalian hendak bepergian ketika weekend. Loket tiket KA lokal di stasiun wonokromo surabaya dibuka pada pukul 09.00 WIB dan untuk pengambilan kartu antrian dimulai pukul 08.00 WIB.

Kami membeli tiket pulang pergi untuk menghindari kehabisan tiket bila beli di stasiun malang. Untuk kereta dan jadwal kalian bisa pilih, silahkan baca pengumuman atau tanya kepada petugas ya.

Kereta kami berangkat pada sabtu pagi tgl 22 juli 2017 pukul 4.35 WIB dari stasiun wonkromo surabaya. Tapi kereta ternyata mengalami keterlambatan sehingga pukul 4. 50 WIB kami baru berangkat. Pada pukul 7.30 kami sampai di stasiun malang. Kalau kalian tidak membawa bekal dan perut terasa lapar, ada banyak warung makanan di sekitar stasiun. Kemudian kami melanjutkan perjalanan menggunakan angkutan kota/lyn. Lyn di kota malang warnanya biru semua, jadi satu satunya tanda pengenal adalah tulisan di badan angkotnya. Kalian harus menyebrang dan naik lyn GL menuju terminal Ladungsari, ongkosnya 5000 rupiah. Kalau kalian bingung tanya ya guys, tapi hati hati kena tipu. Perjalanannya sekitar 20 menit. Setelah sampai di terminal Ladungsari kita melanjutkan perjalanan dengan nagkut warna kuning agak kehijauan jurusan terminal batu. Kalau kalian bisa pake lyn warna ungu juga guys. Ongkosnya sama 5000 rupiah. Tapi kita pake yang warna kuning karena mau berhenti di rumah teman buat istirahat, silaturahmi dan makan gratis. Hahaha … ini ilmu yang kudu dimiliki backpacker ya, buat berhemat sebaiknya kalian hubungi saudara, teman atau kenalan, klo nggak dapet makanan seenggaknya ada tempat buat istirahat.

Setelah mengisi perut dan istirahat secukupnya kita lanjutkan perjalanan menggunakan angkut kuning yang sama menuju terminal batu. Sampai di terminal batu, kita melanjutkan perjalanan dengan lyn warna orange, selalu tanya juga ya guys apakah lynnya lewat musium angkut apa tidak. Jarak terminal batu ke musium angkut cukup dekat guys, nggak sampe 15 menit kok. Kita bakal langsung turun di depan musium angkut. Ongkosnya cuma 3000 rupiah.

Musium angkut dibuka pada pukul 12.00 WIB sampai 20.00 WIB. Loket tiket ditutup pukul 19.00 WIB. Harga tiket untuk weekend sabtu minggu 100.000 rupiah, untuk tiket weekdays senin-jumat 70.000 rupiah. Membawa kamera selain handphone tambah 30.000 rupiah. Dilarang membawa makanan dan minuman kedalam musium, jadi makanan dan minuman kalian bisa dititipkan di loker penitipan. Setelah mendapatkan tiket, kalian bisa berkeliling musium sepuasnya, ada jalur pemandu rute dan customer service yang banyak membantu, terutama bantuan ngefotoin kita.

Didalam musium juga terdapat kedai, toko accesories, dan studio foto menggunakan kostum ala nona nona eropa, tapi bayar ya guys buat sewa bajunya. Ada juga simulator menjadi pilot pesawat dengan membayar 200.000 rupiah. Kalo yang bayar bayar gini kita nggak seneng guys, jadi cukup dipuaskan foto foto selfi aja ya.

Owh iya, perlu diingat, lyn disana berakhir beroperasi jam 5 sore guys, jadi perhitungkan gimana kalian pulangnya ya. Lyn arah pulang sama ya guys. Lynnya PP soale. Sekian info dari saya. Klo kurang kalian bisa tambahin sendiri ya guys, bisa brosing brosing dan tanya tanya dari berbagai sumber.